Catatan Bunda Iin

  • Pendidikan /
    11 Aug 2016

    Jika Full Day School Dilaksanakan

    Wacana Full Day School yang dilontarkan oleh Menteri Pendidikan yang baru cukup menghebohkan masyarakat umum. Memang masalah pendidikan hanyalah satu dari sekian banyak masalah penting lainnya yang harus dibenahi, tetapi karena wacana ini berarti mengubah sebuah budaya maka tak heran respon pro dan kontra bermunculan. Untuk memutuskan opini pro atau kontra, kita harus melihat dari berbagai sudut pandang terlebih dahulu. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan Pemerintah ini sebelum memutuskan melakukan perubahan budaya dengan Full Day School. Hal pertama dan utama yang dipertimbangkan adalah anak-anak itu sendiri. Sebagai pelajar dan siswa, anak-anaklah yang akan menjalani program tersebut apabila benar-benar  dilaksanakan.  Sayangnya, setahu saya sebagai pemerhati anak-anak,
  • Pendidikan / Parenting /
    14 Jun 2016

    Kontroversi Ujian Nasional

    Setiap anak adalah seorang manusia dengan kepribadian yang berbeda, unik dan tak sama satu sama lain. Setiap anak merupakan kombinasi karakter yang terbentuk dari keturunan kedua orangtuanya, lingkungan dan tempat ia dibesarkan. Keunikan itu membuat setiap anak seharusnya diperlakukan tidak sama, tapi disesuaikan dengan kebutuhannya. Seperti yang sama-sama kita ketahui, anak-anak harus melalui pendidikan untuk menyiapkan diri menjadi pribadi mandiri yang mampu mengurus dirinya nanti. Sayangnya, pendidikan yang mereka lalui belum tentu mampu menjadi sarana yang tepat bagi anak-anak untuk mengembangkan diri. Sistem kurikulum di Indonesia masih mengedepankan pengkotak-kotakan kemampuan anak. Anak-anak dengan kemampuan di bidang-bidang tertentu seperti Matematika, Bahasa Inggris dan IPA diang
  • Psikologi / Parenting /
    6 Aug 2015

    Kalau Anak Memaki

    Hampir setiap hari bertemu teman-teman sesama Ibu. Entah itu di sosmed atau bahkan dalam hidup sehari-hari. Sebagian dari mereka yang mengenal Emak dengan baik akan langsung bertanya tentang banyak hal terutama yang ada hubungannya dengan anak-anak. Pertanyaan kali ini datang dari salah satu ibu teman sekolah Ade, yang resah karena pergaulan putra-putrinya. Pertanyaannya saya kutip seperti ini : Mak, gimana gak resah? Si N itu tergolong anak yang cerdas, apapun yang diajari padanya akan langsung diserap seperti spons. Masalahnya lingkungan kami tidak mendukung, yah… kayak Mak Iin gak tahu aja lingkungan kita ini seperti apa. Nah, pas libur kemarin, ada anak-anak yang akhirnya saya izinkan main ke rumah, tapi ternyata mereka ngajarin N yang gak benar. Masak anak saya memaki Mbaknya d
  • Pendidikan /
    6 Sep 2014

    Kurikulum Baru : Dilema Orangtua & Guru

    Mengawali tahun ajaran tahun ini, banyak chaos yang terjadi. Setidaknya itu mewarnai status-status sahabat-sahabat saya, yang berprofesi guru menyalahkan sistem baru ini belum siap untuk dipraktekkan karena kurangnya pelatihan buat mereka. Sebaliknya, para orangtua kebingungan mengikuti sistem yang berbanding jauh dengan kurikulum sebelumnya. Baru tiga bulan berlangsung, saya berkali-kali diajak teman-teman sesama orangtua murid untuk memprotes pada pihak guru. Katanya PR dan tugas-tugas telah membuat anak mereka kehilangan waktu main. Dan saya hanya berkata “Lalu, mau protes ke mana Bu kalau Miss-nya bilang kalau ini sudah aturan pendidikan dan harus dijalankan? Apa kita harus protes ke Depdiknas?” Mereka tetap ngotot. Harus. Walaupun harus ke Depdiknas. Biar didengar, biar
  • Travel / Gaya Hidup /
    19 Dec 2013

    Liburan Tanpa Sahabat Bernama Hutang

    Pernah gak sih merasa iri melihat foto-foto teman yang sedang berlibur ke luar negeri atau dalam negeri dengan suasana yang berbeda dari tempat tinggal? Jika jawabannya Ya, berarti anda masih normal. Wajar saja merasa ingin melepaskan diri dari rutinitas kerja tiap hari yang membosankan. Bahkan seorang ibu yang tak bekerja pun membutuhkan suasana baru walaupun hanya sejenak. Semua orang sangat ingin tiap tahun bisa berlibur ke luar kota atau bahkan luar negeri. Membawa anak-anak mengenal dunia yang luas dan mengajari mereka kehidupan lain yang berbeda dari kehidupan nyaman di rumah dan lingkungan yang ada. Tapi pada kenyataannya, liburan sekolah selalu terjadi bersamaan. Akibatnya, harga tiket pesawat, sewa kamar hotel atau penginapan, harga paket tour dan travel bahkan ongkos transportas
  • Cerpen Anak /
    4 Sep 2012

    Anakku Tidak Bodoh, Hanya Unik

    google “Assalamu’alaikum!” Aku menoleh ke pintu, Putriku berdiri di depan pintu, sedang membuka sepatu. “Waalaikum salam,” jawabku sambil melirik ke arah jam dinding. “Kenapa sudah pulang, Mbak? Gurunya rapat?” tanyaku heran. Bibir Nora mengerucut dan menggeleng. “Enggak, Ma. Nora disuruh pulang. Nganterin ini.” Sebuah surat dikeluarkan Nora dari dalam tasnya dan memberikannya padaku. Walaupun belum membuka surat itu, Aku sudah tahu, Nora pasti berbuat sesuatu yang kurang berkenan lagi di sekolah. Tapi gadisku yang sudah duduk di kelas 3 SMU itu cuek saja. Setelah memberikan surat, ia langsung ngeloyor masuk kamar. Tak lama berselang, suara musik berdentam-dentam terdengar membahana dari kamar Nora. “Mbak Noraaaa, suaranya d
  • Pendidikan /
    16 Jul 2012

    Siapkah Anak Menjalani Pendidikan Usia Dini?

      Ketika memutuskan anak untuk bersekolah, ada banyak pertimbangan orangtua. Beberapa beralasan, usia mereka sudah cukup untuk bersekolah dan ada yang lain beralasan anak mereka telah siap secara mental walaupun umur belum mencukupi. Ada juga yang beralasan karena anak mereka lebih baik berada di sekolah, dibandingkan berada di rumah sebab tak punya teman dan kehidupan sekolah bisa mengajarkan banyak terutama bersosialisasi. Sayang, banyak orangtua akhirnya melupakan beberapa faktor penting. Antara lain, mereka lupa kalau sekolah adalah sebuah langkah besar untuk seorang anak. Mungkin bagi orangtua, sekolah hanya dilihat dari segi fungsional semata. Tapi buat seorang anak, sekolah bisa menjadi tempat yang menyenangkan namun sebaliknya bisa menjadi tempat paling mengerikan untuk mer
  • Pendidikan /
    28 Jun 2012

    Memilih Sekolah Yang Tepat

    Akhir tahun ajaran hampir tiba. Jika anak-anak menyambutnya dengan kegembiraan berlibur, maka tidak bagi sebagian orangtua karena harus berpusing ria mencari sekolah baru yang tepat untuk putra-putri mereka. Dengan dua orang anak yang bersekolah di tempat yang berbeda, maka saya membagi sedikit pengalaman dalam memilih sekolah mereka berdua. Sekolah negeri memiliki keuntungan yaitu gratis. Tapi gratis di sini sangat jauh dari harapan para orangtua sebenarnya. Dari informasi Kepala Sekolah setiap kali ada pertemuan guru, bahwa besaran biaya BOS per anak kurang lebih sekitar Rp 90ribu/bulan. Sehingga selain biaya pendidikan, anak-anak juga mendapatkan buku gratis. Perincian biaya BOS juga kurang transparan dan hanya bersifat formalitas. Pertemuan hanya bersifat satu arah dan pasif. Tapi yan

KONTAK

BUNDA IIN AJID

Blogger, Istri Aa Ajid, Emak si Trio - Kakak (15), Abang (12) & Adek (8). 

Mau baca tulisan yang lain? Cek blog lainnya: Iinajid.comDiarybundaiin dan Ruang Cerita

Tulisan Terbaru

Komentar

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia