Catatan Bunda Iin

  • Travel /
    25 Jan 2016

    Saat Emak Piknik Ke Bandung

    Setelah berbincang-bincang membahas soal piknik yang diperlukan seorang emak, tiba-tiba salah satu sahabat emak melontarkan ide. How about if we try it? Tarik ulur rencana pun dimulai. Sejak dua bulan terakhir, ide berawal dari candaan itu mulai berkembang. Tiap kali ada masalah anak-anak dan salah satu teman berbagi, saat itulah ide piknik itu muncul. Dan pada akhirnya… justru tanpa rencana yang lama, kami melakukannya. Tapi namanya juga emak-emak, tiada waktu tanpa tanggung jawab. Kami pun berencana sekalian melakukan survey untuk acara gathering emak-emak bersama putra-putrinya nanti. Sebenarnya yang mau ikut itu banyak. Anehnya, yang bisa justru para emak yang anaknya lebih dari dua. Waaah, kok bisa? Saya sendiri justru punya anak paling sedikit.. hanya tiga. Empat emak lain ya
  • Serial : I Wanna Be Emak /
    8 Jul 2015

    MENGENAL SUARA-SUARA HEWAN

    Suatu sore ketika Emak tengah duduk-duduk sambil membaca majalah wanita terbaru, tiba-tiba Ade yang baru saja membongkar kotak mainannya mendekat. “Mak, ini apa?” tanya Ade sambil mengacungkan sebuah mainan. Emak menoleh. “Ooh, itu piano mainan bekas Kakak dulu. Sudah rusak, Neng. Sudah tidak bisa bunyi lagi,” jawab Emak. Piano itu terdiri dari beberapa tuts nada dasar di bagian bawah, sementara di atasnya ada beberapa tuts berbentuk hewan seperti bebek, ayam, burung, kucing, anjing dan bahkan katak. Dulu ketika masih bisa berbunyi, tuts-tuts berbentuk hewan itu berbunyi seperti suara hewan. Jadi jika menekan kucing maka yang terdengar ‘meong’ dan begitu pula yang lainnya. Ade diam saja, tapi rasa penasarannya belum hilang dan ia tetap menekan-nekan tut
  • Serial : I Wanna Be Emak /
    21 Jun 2015

    I Wanna Be Emak : Duka Emak

    Ramadhan baru berjalan empat hari. Tapi empat hari ini selalu ada berita duka yang sampai pada Emak. Airmata Emak seperti dilarang berhenti. Walaupun anak-anak dan Ayah begitu berusaha menceriakan kembali hati Emak, tetap saja airmata jatuh lagi. Siapa tak sedih ketika teman-temannya berduka? Apalagi buat Emak, teman-teman Emak lebih seperti saudari-saudari Emak. Ketika mereka gembira, hati Emak juga gembira, dan ketika mereka sedih, Emak juga sedih. Setiap hari ada banyak yang datang dan pergi, banyak yang lahir tapi banyak juga yang meninggalkan dunia. Tapi tiap kali ada teman Emak yang hamil, Emak selalu merasa seperti Emaklah yang sedang hamil. Ketidakmampuan Emak beranak sepuluh membuat Emak selalu ingin menganggap setiap anak adalah anak Emak. Karenanya, Emak selalu berusaha me
  • Komik /
    20 Dec 2014

    Mandiri Dong!!

  • Serial : I Wanna Be Emak /
    28 Apr 2012

    Diet!!!

    Emak menulis jadwalnya hari ini dengan empat huruf yang diakhiri tanda seru sebanyak tiga kali. Diet!!! Tanda seru tiga kali itu adalah pertanda jumlah berat badan Emak yang bertambah sebulan terakhir ini. Bukan lagi sekilo atau dua kilo, tapi tiga kilogram. Dan Emak panik luar biasa. Jangan menurunkan sekilo, menurunkan setengah kilo saja Emak tak pernah berhasil selama lebih dari lima tahun apalagi tiga! Aduh, Emak benar-benar harus diet!!! Mulailah Emak merencanakan program Diet!!!nya. Dengan berbekal buku-buku, majalah-majalah dan terakhir tentu saja berburu di internet, Emak mulai menyusun menu Diet!!! Yang sangat detail. Menu 3x sehari, sarapan, siang dan malam ditambah makanan penunjang seperti buah-buahan. Tentu saja, Emak berbelanja. Emak baru nyadar kalau ternyata, susu rendah l
  • Serial : I Wanna Be Emak /
    20 Apr 2012

    I Wanna Be Emak : Cantik

    Siapapun pasti ingin terlihat cantik. Emak juga. Apalagi kalau bisa sampai memancing pujian dari sang suami tercinta dan anak-anak. Untuk penghuni rumah yang lebih doyan bercanda dan meledek, pujian adalah hal yang teramat langka buat Emak yang super cuek terhadap penampilan. Dan itu mulai disadari Emak saat ia berkumpul dengan teman-temannya sesama ibu-ibu. Seusai pengajian, Emak biasa mengobrol dengan beberapa Ibu yang sedang menawarkan “dagangan” mereka. Entah itu peralatan masak, kotak plastik, baju muslim, suplemen, sampai peralatan kosmetik. Kadang-kadang meski tak berniat membeli, Emak cukup senang dengan bisa mengenal barang-barang itu. Paling tidak menyenangkan hati teman yang sedang berusaha keras membantu keuangan keluarga mereka. Sampai ketika salah satu teman Emak
  • Serial : I Wanna Be Emak /
    6 Apr 2012

    I Wanna Be Emak : Panik

    Emak senang, akhirnya anak-anak sudah selesai menghadapi ulangannya. Meskipun tak ikut “ulangan”, tiap malam Emak harus deg-degan, pusing memikirkan kesiapan dua anaknya yang sudah bersekolah. Benar saja kata Nenek dulu, setiap Emak pasti ikut “sekolah” lagi kalau anaknya sekolah. Sekarang, semua sudah selesai. Emak bahkan menuliskan gede-gede di kalender yang terpampang di ruang kerjanya. EMAK BEBAS!!! Dengan gembira, Emak menyambut hari ini. Ia memulainya tentu saja… dari dapur. Memaksa anak-anak menyantap hidangan terbaru ala Emak. Apapun itu, kali ini Emak yakin hasilnya pasti enak. “Kakak, Abang, Jagain Adenya ya! Emak mau buat brownies,” perintah Emak tegas saat akan masuk ke dapur, meninggalkan anak-anak di ruang bermain. Ah sebenarnya buka
  • Serial : I Wanna Be Emak /
    4 Apr 2012

    Emak Gak Gaul

    Emak gak gaul! Yaah, itu istilah anak-anak di rumah Emak. Pertanyaan atau pernyataan yang terang-terangan mempertanyakan kredibilitas Emak sebagai Ibu mengikuti pergaulan zaman sekarang atau nggak. Jelas Emak gak maulah dikatakan gak gaul. “Emak nih gak gaul, itu tuh shuffle dance yang gini ni.” Lalu kakak, anak pertama Emak menirukan gaya penari di televisi saat Emak bertanya dia nonton apa. Kepala Emak sibuk mengikuti gerakannya yang terlihat sederhana tapi ketika dicoba… Gak Emak gak bisa!! Bahkan dibantu instruktur kecilnya yang lain, abang dan ade yang baru berusia 3 tahun yang juga sudah pandai menari tarian aneh itu. “Udah ah! Tarian apa itu? Ga ada seninya!” naaah ujung-ujungnya berkelitlah si Emak seperti itu. Ye, Masa Emak dikalahin anak?? Tapi keti

KONTAK

BUNDA IIN AJID

Blogger, Istri Aa Ajid, Emak si Trio - Kakak (15), Abang (12) & Adek (8). 

Mau baca tulisan yang lain? Cek blog lainnya: Iinajid.comDiarybundaiin dan Ruang Cerita

Tulisan Terbaru

Komentar

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia