Catatan Bunda Iin

10 Tips Berburu Diskon di Bulan Ramadhan

8 Jun 2017 - 13:23 WIB

Ramadhan adalah salah satu bulan penuh berkah. Tak hanya bagi mereka yang berjualan tapi juga mereka yang membeli. Kesempatan untuk memperoleh diskon atau potongan harga di berbagai toko baik yang online maupun offline bertebaran di mana-mana. Aneka jenis barang yang diperlukan untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran bertaburan dengan mudah.

Sudah pasti di bulan ini pula, banyak yang akan melakukan persiapan untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri setelah satu bulan berpuasa. Hari Kemenangan yang biasanya diisi dengan segala hal yang baru. Meski begitu, seluruh keinginan untuk membeli barang-barang baru belum tentu mampu ditopang oleh pendapatan. Karenanya, banyak yang memilih untuk memburu diskon atau penawaran harga rendah di semua jenis toko.

Namun, jika tidak berhati-hati menghadapi penawaran diskon atau pesta sale yang diadakan berbagai toko tersebut, pembeli bisa jadi kecewa karena hanya memperoleh barang dengan kualitas rendah, dan mendapat potongan harga tipu-tipu ala toko yang nakal.

Hal ini disebabkan karena banyak toko yang melakukan bargain atau jual murah dengan pemberian diskon sekedar untuk menghabiskan stok di gudang yang ternyata berkualitas rendah atau kurang diminati.

Karena itu kali ini saya ingin berbagi beberapa Tips dan Trik Berburu Diskon di bulan Ramadhan.

Kenali Jenis Toko

Beberapa penjualan online bersifat Marketplace, yang lain memang online shop. Kenali dulu dan pelajari mana toko yang menawarkan harga murah sungguhan, dan mana toko yang menyembunyikan biaya-biaya tambahan. Walaupun terkadang toko-toko online itu menawarkan diskon besar dan harga yang murah, tapi ini biasanya belum termasuk biaya jasa pengiriman, biaya transfer atau pembayaran atau biaya asuransi tambahan bagi barang-barang beresiko saat pengiriman/penghantaran.

Belanja Online VS Belanja Langsung

Bandingkan harga belanja online dan belanja langsung di beberapa toko. Ingat! Dengan berbelanja langsung, pelanggan bisa memeriksa barang secara langsung, sementara belanja online hanya melalui foto. Walaupun bisa membayar di tempat, tapi kadang-kadang pelanggan lupa memeriksa keadaan barang dan kalaupun ditemukan saat akan membayar, belum tentu pihak Seller mau menerima retur. Jadi untuk belanja online, perhatikan baik-baik aturan pembelian.

Menjadi Pelanggan Setia

Mendaftarlah sebagai pelanggan setia dengan subscribe melalui email untuk mendapat pemberitahuan diskon, barang promosi, atau sale yang ditawarkan pihak toko offline, online maupun marketplace. Kalau perlu, pelanggan bisa menanyakan pada pihak toko apabila ada kemungkinan pemberian diskon khusus.
Jangan segan untuk mem-follow toko-toko favorit baik di Facebook Fan Page, Instagram maupun Twitter-nya. Biasanya menjelang hari-hari raya atau libur nasional, toko-toko tersebut menawarkan harga-harga spesial untuk para pelanggan setia.

Gunakan Penawaran atau Reward dari Pihak Ketiga

Seringkali ada pihak ketiga yang menawarkan diskon-diskon atau reward untuk pembelian di toko-toko online dan marketplace seperti dari Bank melalui kartu debit/kredit, kartu belanja, kartu diskon, kartu anggota VIP atau pelanggan setia toko dari grup perusahaan yang sama, provider telepon atau internet, dan provider tv kabel.

Satu Merk Banyak Harga

Di aplikasi Marketplace seringkali ditemui satu merk barang, harganya bisa berbeda-beda. Tapi perlu diingat, walaupun lebih mahal biasanya toko yang menawarkan adalah toko dengan kode ‘trusted’. Jangan tergiur dengan harga murah atau diskon besar, tanpa melihat reputasi dari toko bersangkutan.

Review Pelanggan Lain Sebagai Perbandingan

Review pelanggan dianggap sebagai cara lain untuk mengetahui reputasi dan cara penanganan pihak toko terhadap pelanggan. Sayangnya, pelanggan juga harus berhati-hati karena ada trik toko online yang membuat para pelanggan terpaksa meninggalkan jejak bintang 5 dan review positif. Kalau ini terjadi pada pelanggan yang ingin menukar barang atau retur karena kondisi barang, maka lakukan saja tapi laporkan kepada provider Marketplace melalui customer service-nya beserta bukti pembicaraan (pesan WhatsApp atau obrolan melalui aplikasi yang tersedia) Hal ini juga untuk memelihara kredibilitas Marketplace bersangkutan.

Untuk Review lain, pelanggan juga bisa mencari informasi tambahan dengan mencari di pencarian umum seperti Yahoo atau Google dengan mengetik kata kunci yang berhubungan dengan toko tersebut. Biasanya kalau tidak bisa memberi review jujur di wall toko bersangkutan, pelanggan yang kecewa akan memposting melalui media sosial umum lainnya seperti Instagram, Facebook atau Twitter.

Gunakan Kupon Ganda

Jika memungkinkan gunakan dua kupon atau lebih dalam satu pembelian. Jika tidak bisa, maka lakukan transaksi sebanyak kupon diskon yang dimiliki pelanggan. Misalkan ada 2 kupon, maka lakukan 2 transaksi selama syarat dan ketentuan yang berlaku terpenuhi agar diskon tetap diperoleh. Perhatikan batas waktu pemakaian kupon diskon ya.

Review Sahabat atau Kerabat

Tak ada yang lebih dipercaya selain sahabat dan kerabat dekat. Gunakan hal ini dengan menanyakan toko-toko yang mereka rekomendasikan. Banyak toko-toko online maupun offline menawarkan program keuntungan untuk pelanggan lama yang merekomendasi pelanggan baru, dan keduanya sama-sama mendapat diskon spesial. Jangan segan menanyakan harga termurah atau diskon yang ditawarkan pada teman-teman atau kerabat. Rekomendasi dari orang-orang terdekat biasanya benar-benar sesuai dengan informasi yang disampaikan.

Diskon Abal-abal

Hati-hati terhadap diskon abal-abal. Diskon ini biasanya dilakukan pihak toko untuk menyingkirkan barang-barang apkir atau berkualitas rendah dari stok. Kalau memang ada bagian yang rusak atau kondisi barang tidak sempurna, pastikan pelanggan memang masih bisa menggunakannya. Jika masih bisa bernegoisasi dan kondisi ini diketahui pelanggan, mintalah diskon tambahan atau harga spesial agar kedua pihak sama-sama puas.

Pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran, perhatikan biaya-biaya tambahan yang mungkin muncul seperti fee kartu kredit, biaya pengiriman, asuransi dan lain-lain. Juga hitunglah baik-baik jika memilih sistem pembayaran cicilan. Hindari pembelian dengan utang apabila sudah mendapat diskon. Diskon akan menjadi sia-sia karena pembelian cicilan biasanya dikenakan biaya tambahan lagi.

 

Demikian 10 Tips Berburu Diskon, terutama di Bulan Ramadhan. Diskon memang menggiurkan, tapi bukan berarti membuat kita lupa diri saat berbelanja. Gunakan kesempatan di bulan ini dengan penuh perhitungan dan jangan lupa belilah barang yang benar-benar akan digunakan.


TAGS   diskon / sale / Ramadhan / Ramadhan 2017 / Potongan harga / Sisa Stok / Berburu diskon / Lebaran / Islam / Gaya Hidup / Rumah / Ekonomi / Keluarga / Tips / Tips Bebas Utang /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia