Catatan Bunda Iin

Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa, Tradisi Penuh Variasi

6 Jun 2017 - 20:39 WIB

Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa, Tradisi Penuh Variasi

Setiap tahun minuman segar untuk buka puasa menjadi salah satu menu wajib yang sering dicari oleh umat Islam yang sedang berpuasa. Setelah seharian berpuasa, minuman segar menjadi salah satu cara untuk mengembalikan tenaga dan menghilangkan dahaga yang paling efektif. Apalagi jika minuman segar itu disajikan dingin, mengingat cuaca tropis di Indonesia.

Namun, meski banyak sekali variasi minuman segar terutama yang disajikan dingin, sebenarnya berawal dari beberapa minuman tradisional yang kemudian dimodifikasi sesuai selera penikmatnya.

Apalagi Indonesia adalah negara yang memiliki beraneka ragam suku bangsa dan daerah. Berkat perkembangan zaman dan kemudahan interaksi antar daerah, banyak jenis minuman dan makanan yang berkembang menjadi varian makanan atau minuman lain. Ada pula minuman yang sama dengan berbagai nama berbeda menurut daerah masing-masing.

Es Kelapa

Sebagai sebuah negara kepulauan, kelapa tersedia hampir di seluruh propinsi di Indonesia. Karenanya sajian es kelapa merupakan sajian minuman yang paling mudah sekaligus paling umum di negara tropis ini.

Seiring perkembangan zaman, kini tersedia beragam variasi Es Kelapa. Ada yang dicampur dengan susu, sirop, bahkan buah-buahan dan menjadi varian minuman yang lain. Namun, es kelapa yang disajikan secara tradisional yang paling umum adalah air kelapa yang diseduh dengan gula atau gula merah cair dan diberi tambahan es. Isi kelapa dikerok atau diserut sebagai isian.

Minuman segar berbahan dasar kelapa ini antara lain: Es Doger, Es Degan, Es Kopyor, dan Es Kelapa Muda.

Beberapa minuman segar yang diolah dari bahan utama lain seperti Es Selendang Mayang dan Es Cendol juga menggunakan santan sebagai campuran. Santan berasal dari perasan kelapa yang telah diparut.

Foto : kamarbayiku.com

 

Es Campur

Es campur adalah nama dari es yang dicampur dengan potongan aneka jenis buah, puding atau agar-agar, cincau, kolang-kaling, tape, ketan dan lain sebagainya, yang kemudian ditambah susu dan sirup atau pemanis lainnya.

Es campur merupakan nama yang lazim dan umum digunakan masyarakat di Indonesia. Pada perkembangannya, es campur memiliki banyak varian yang berkembang sesuai dengan selera masyarakat di daerah seperti Sop Buah, Es Teler, dan Es Oyen.

Foto : makanajid.com

Es Cendol atau Dawet

Es Cendol mulai dikenal di dalam masyarakat Jawa Barat dan Jawa Tengah. Masyarakat Sunda, penduduk Jawa Barat, menyebutnya ‘Cendol’, sementara masyarakat Jawa Tengah menyebutnya ‘Dawet’. Namun, baik sebutan ‘cendol’ ataupun ‘dawet’ telah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia secara umum.

Cendol yang menjadi bahan utama es ini dibuat dari tepung beras yang biasanya diberi pewarna hijau, atau pewarna alami dari daun pandan atau daun suji. Setelah direbus dengan teknik khusus agar menghasilkan bentuk lonjong panjang kecil-kecil, disajikan bersama gula merah cair dan air santan lalu ditambah dengan es.

Foto : masakanharian.com

Es Cincau

Es Cincau dibuat dari campuran cincau hijau atau hitam dengan pemanis cair seperti gula merah cair, susu atau sirup. Varian Es Cincau telah banyak bermunculan dengan aneka pilihan, tak hanya berbahan cincau tapi juga ditambah potongan buah, dicampur dengan air kelapa dan bahkan sekarang ada juga yang menggunakan kopi dan teh. Ada juga Daluman, minuman dari Bali yang berbahan dasar cincau.

Sekarang gerai-gerai minuman modern juga menambahkan cincau sebagai salah satu bahan dalam produk mereka.

 

Minuman Segar Jahe

Sebagai salah satu rempah khas Indonesia dengan manfaat untuk kesehatan, jahe pun diolah menjadi aneka jenis minuman bahkan menjadi ciri khas daerah tertentu. Dengan wangi yang khas, rasanya yang hangat membuat jahe menjadi pilihan bagi masyarakat yang berada di daerah bersuhu rendah atau saat musim hujan tiba. Selain itu, minuman berbahan jahe dapat memberi rasa hangat dan nyaman pada tubuh yang lelah atau untuk mengembalikan stamina tubuh yang menurun setelah berpuasa.

Minuman yang berbahan dasar jahe antara lain Wedang Jahe, Sarabba dari Makassar, Bir Pletok dari Betawi, Bandrek dari Jawa Barat dan minuman yang diberi tambahan jahe seperti Sekoteng, Bajigur, Air Guraka dari Halmahera. Terakhir yang paling modern adalah minuman STMJ atau Susu Telur Madu Jahe.

Minuman dari Pisang

Sebagai salah satu buah yang mudah tumbuh di Indonesia, pisang menjadi salah satu bahan utama minuman yang juga banyak digunakan. Banyak minuman khas daerah diolah dari pisang. Bahkan dari luar negeri salah satu minuman khas yaitu Banana Split, menjadi minuman segar yang mendunia.

Dari Makassar kita mengenal Es Palu Butung dan Es Pisang Ijo, yang berbahan utama pisang. Kini juga ada Banana Smoothies, Setup Pisang dan jus pisang yang diolah dengan bahan lain.

Minuman dari Aneka Jenis Tanaman atau Buah-Buahan Lain

Banyak minuman yang berasal dari berbagai tanaman yang ada di Indonesia. Sebut saja yag paling diminati seperti Es Jeruk, Es Lidah Buaya, Es Rumput Laut, Es Legen, Es Durian dan Es Tebu. Ada yang harus diolah terlebih dahulu sebelum menjadi minuman, tapi ada yang hanya cukup diperas seperti tebu. Tebu yang mengandung kandungan gula tidak diolah dengan campuran pemanis lagi. Ada juga yang berasal dari rempah-rempah seperti Kunyit Asam. Yang paling khas tentu saja Es Blewah. Di Jakarta sendiri, Es Blewah selalu hadir setiap bulan Ramadhan.

 

Tentu masih banyak sekali jenis minuman segar untuk berbuka puasa di Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk yang dominan muslim, ditambah perbedaan budaya dan jenis tanaman yang tumbuh di daerah masing-masing, telah membuat ratusan jenis minuman segar khas daerah. Beberapa olahan minuman segar ada yang namanya beda tapi sebenarnya sama. Ada pula yang hampir mirip namun disesuaikan dengan lidah penikmat lokal, yang suka manis atau yang suka rasa yang lebih gurih.

Itulah nikmatnya berpuasa di negeri Bhinneka Tunggal Ika, tak hanya kaya ragam budaya, tapi juga kaya akan rasa. Mumpung di bulan puasa, coba beberapa resep berbeda dari biasanya, siapa tahu menambah daftar minuman segar favorit untuk berbuka puasa.

 

*****


TAGS   Ramadan / Ramadhan / Bulan Puasa / Minuman Segar / Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa / Buka Puasa / Ragam Kuliner Indonesia / kuliner / Minuman Es / Es Buah / Es Aneka Rasa / Menu Wajib / Es Kelapa / Es Cendol / Dawet. Es Campur / Es Teler / Oyen /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia