Catatan Bunda Iin

Wisata Halal Ke Korea Selatan, Why Not?

15 Jan 2017 - 23:33 WIB

Wisata Halal Ke Korea Selatan, Why Not?

Korea Selatan adalah salah satu negara maju yang mempengaruhi perkembangan budaya dunia melalui teknologi, seni musik dan akting. Seperti negara tetangganya, Korea Selatan juga memadukan antara kemajuan ultra modern dengan tradisi budaya ratusan tahun yang masih terjaga dengan baik sebagai salah satu daya tarik wisata. Tidak heran, perkembangan ekonomi mereka menjadi lebih maju hanya dalam beberapa puluh tahun setelah merdeka. Tidak banyak yang tahu bahwa usia negara Korea Selatan dan Indonesia terbebas dari penjajahan kurang lebih sama, namun perkembangannya terutama wisata dan teknologi cukup jauh berbeda.

Banyak hal yang menjadi daya tarik wisata di Korea Selatan. Dengan melirik lebih dalam tentang negara ini, kita akan tahu bahwa berkunjung dan menikmati keindahannya, banyak hal yang bisa diambil manfaatnya. Setidaknya, sebagai warga negara Indonesia, sebuah perjalanan akan membawa kita memahami lebih banyak tentang kebudayaan dan kebiasaan yang ada di negara lain. Dengan pemahaman itu, kita akan jauh lebih terbuka dalam mengembangkan diri dan mungkin juga mampu menelurkan ide-ide baru yang berguna bagi negara sendiri.

Berikut beberapa daya tarik wisata di Korea Selatan antara lain:


Teknologi

Di negara ini, kita seperti memasuki era baru teknologi. Banyak mesin-mesin canggih yang bisa dijumpai di tempat-tempat umum. Kemajuan teknologi di negara ini seperti melangkah beberapa tahun ke depan dibandingkan negara kita. Fasilitas yang paling mengagumkan adalah wifi yang tersedia di mana-mana, bahkan di dalam kereta cepat (Seoul Metro System). Sinyal selalu kuat dan penuh, bahkan di jalan-jalan umum. Kemajuan teknologi di negara ini bahkan dirasakan sejak pertama kali kita memasuki bandara internasional Seoul. Rasanya seperti masuk dalam dunia di masa depan.


Transportasi

Karena teknologinya yang maju, maka sistem transportasi di negara ini pun berkembang sangat pesat. Transportasi Korea Selatan tergolong sangat baik dalam segi pelayanan, sistem serta kendaraan yang digunakan. Pusat transportasi seperti Incheon National Airport dan Gimpo International Airport menjadi salah satu bandara internasional terbaik di dunia dengan berbagai fasilitas lengkap sebagai pendukung. Selain itu ada kereta bawah tanah atau seperti KRL di Indonesia yang biasa disebut Metro Subway atau Seoul Metro System. Ada pula bis kota, dengan berbagai pilihan seperti Bus Intra-city, Bus Inter-city, dan Bus Express. Yang terakhir adalah kereta api (KORAIL) dengan jenis yaitu ITX, KTX, GTX, Nuriro, dan Mugunghwa. Masih ada taksi, yang dibedakan dalam dua jenis yaitu yang premium dan yang reguler.


Kuliner

Pernah nonton di drama yang menunjukkan banyaknya penjual jajanan di jalan-jalan terkenal? Nah, di beberapa sudut jalan terkenal di Korea Selatan, kita bisa menemukan berbagai pusat penjual jajanan. Hanya untuk mereka yang muslim seperti saya, harus berhati-hati memilih jajanan karena tidak semua makanan itu yang halal.

Kuliner di Korea Selatan memang cukup terkenal di dunia, sebut saja kimchi, bibimbap, berbagai jenis barbeque seperti kue beras pedas (Tteokbokki), Fishcake, Buhuhpaang (Kue golden fish), gurita goreng, aneka hot dog atau berbagai jenis permen kapas yang unik-unik dan tentu saja… kesukaan teman-teman waktu ke sana yaitu Patbingsu, kalau di sini seperti es serut campur dengan aneka topping buah yang lezat.

Tips dari saya pribadi, orang Korea itu suka gratisan, seperti kita juga. Jadi banyak restoran dan tempat makan yang menawarkan sesuatu yang gratis, apalagi untuk orang asing atau turis. Jadi jangan segan bertanya pada pemandu wisata Anda.


Olahraga

Dalam bidang olahraga, Korea Selatan terbilang lebih maju dibanding negara Asia lainnya. Olahraga seperti Taekwondo, Sepakbola, Baseball, Bola basket, Rugby dan Golf merupakan beberapa jenis olahraga yang menelurkan bintang-bintang internasional dan membawa Korea Selatan menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional beberapa kali.

Budaya orang Korea yang suka berolahraga sebagai penyeimbang dari gaya hidup mereka yang sangat akrab dengan minuman beralkohol, telah membuat pemerintah Korea membangun berbagai fasilitas olahraga terkenal sekaligus menjadi tempat wisata yang menarik. Ada Top Notch Ski Resort untuk bermain ski, olahraga hiking atau pendakian gunung-gunung seperti Seoraksan, Bukhansan, Taebaeksan dan lain sebagainya. Fasilitas olahraga yang paling terkenal ada di Jamsil Sport Complex, yang menyediakan berbagai fasilitas dari ice rink, jalur lari, lapangan baseball, kolam renang, dan fasilitas olahraga indoor lainnya.

Tak hanya itu, bahkan di beberapa kompleks perumahan, apartemen dan gedung-gedung tersedia fasilitas olahraga sederhana gratis yang selalu ramai digunakan oleh masyarakat setempat, terutama di akhir pekan.

Tak lupa, ada banyak sauna di Korea seperti yang sering kita lihat di acara reality show televisi Korea.


Festival dan Pesta Seni

Hampir setiap pergantian musim, Kementerian Pariwisata Korea Selatan mengadakan berbagai macam festival untuk menarik wisatawan. Ada Winter Festival, aneka Lighting Festival, Icefish Festival, Summer Festival, Music Festival, Grand Sale, Tulip Festival dan lain-lain.

Dunia musik dan akting Korea Selatan yang mewabah di dunia juga membuat negara ini sering mengadakan pentas-pentas musik dunia seperti Busan Rock Festival, Ultra Music Festival atau dalam skala kecil, ada beberapa televisi Korea mengadakan konser kecil live seperti yang ditawarkan KBS untuk para fans Kpop.


Budaya Masyarakat

Satu hal yang sangat jelas dalam kebudayaan masyarakat Korea adalah mental kerja mereka yang kuat, tapi juga suka bersenang-senang. Jiwa kompetitif mereka membawa masyarakatnya lebih suka memilih permainan bersifat lomba atau kompetisi, yang terkadang cukup ekstrim. Beberapa festival daerah pun tercipta karena budaya masyarakat ini. Kebiasaan mereka menikmati hidup juga tercermin dengan budaya work gathering saat pergantian musim, menikmati meteor shower, mekarnya bunga sakura dan karaoke (Noreubang). Makanya kehidupan malam di Korea Selatan menjadi salah satu tawaran wisata. Hanya untuk yang muslim, mungkin harus berhati-hati memilih tempat hiburan. Tanpa bantuan pemandu wisata yang memahami soal kehalalan, hal ini bisa menjadi masalah.

Karena negaranya maju secara ekonomi, tingkat kejahatan di negara ini sangat rendah. Hingga faktor keamanan dan kenyamanan yang tinggi ini menjadi daya tarik wisatawan. Tak ada rasa takut memeriksa ponsel di tempat umum atau di dalam bus kota.

Satu hal yang menenangkan lainnya, di negara ini banyak anak-anak sekolah yang pandai berbahasa Inggris dengan lancar. Memang agak sulit ketika kita berada di daerah pedesaan, tapi di Seoul sendiri, hampir tak ada masalah karena hampir semua penunjuk jalan juga memakai bahasa Inggris dan banyak petunjuk arah setiap transportasi umum yang sudah dilengkapi versi bahasa Inggris.  


Pasar, Taman Bermain dan Pusat Perbelanjaan.

Tak lengkap sebuah jalan-jalan atau wisata tanpa belanja. Ada banyak pasar, pusat perbelanjaan dan komplek taman bermain yang cukup terkenal. Ada Coex Mal, Lotte World, Everland Resort, Itaewon Shopping Centre, Dongdaemun Market, Myeongdong Shopping District. Ada juga tempat belanja di sepanjang jalan yang terkenal seperti di dekat Ewha Women University, kawasan Hongdae, kawasan Apgujeong, kawasan Garosugil dan tentu saja Gangnam.

Oh ya, tips pribadi tambahan nih… kalau sedang jalan-jalan atau belanja, dan saat membeli sesuatu, seringkali kita juga dihadiahi berbagai barang gratis alias sampel. Kadang-kadang ketika mereka tahu kita ini turis luar negeri, mereka jauh lebih royal membagikan sampel.


Coffee Shop, Museum, dan Hotel/Guest House

Satu hal yang menarik adalah banyaknya coffee shop yang tersebar di Korea Selatan. Meskipun ada juga kedai teh atau tea shop, tapi tak sebanyak coffee shop. Coffee shop-nya juga punya tema masing-masing, ada yang bertema rustic, vintage, modern, black and white, dan lain-lain.

Seperti coffee shop, berbagai hotel dan guest house juga memiliki tema-tema unik yang menarik perhatian. Ada yang bertema warna, bentuk tertentu sampai gaya yang unik. Tentu hal ini akan menambah kesan dan pengalaman yang dalam tentang Korea.

Bagi kalian yang suka Museum, di Korea ada banyak jenis Museum. Dari museum benda-benda bersejarah, boneka, makanan tradisional, sampai tempat-tempat bersejarah. Museum Kyong-ju, Museum Teddy Bear, National Folk Museum dan lain-lain. Ada juga kompleks istana seperti Gyeongbokdung Palace, Changdeokgung Palace, Deoksugung Palace, Gwanghwamun Gate dan lain-lain.


Komplek Universitas

Universitas-universitas di Korea Selatan itu terkenal sebagai tempat-tempat terbaik untuk belajar. Bagi orang-orang yang tertarik belajar di Korea, setiap tahun selalu ada pameran pendidikan baik secara offline maupun online. Sekitar bulan Desember, biasanya ada informasi mengenai perekrutan mahasiswa baru asing dengan tawaran beasiswa.

Selain komplek yang menarik dan indah dipandang mata, lulusan dari berbagai jurusan universitas Korea Selatan selalu dianggap sebagai kesempatan bergengsi yang menjamin masa depan. Apalagi Korea Selatan merupakan salah satu pusat teknologi dengan dua merek dunia yang terkenal yaitu Samsung dan LG. Tentu, tidak akan sia-sia mengenal lebih dekat dunia pendidikan Korea Selatan, siapa tahu ada yang bisa menembus perekrutan mahasiswa yang terkenal ketat itu.


4 Musim, 4 Alasan Berbeda Untuk Datang

Negara empat musim akan selalu menarik para wisatawan dari negara dua musim seperti Indonesia. Musim semi yang romantis, musim panas yang ceria, musim gugur yang syahdu dan musim dingin yang hangat adalah alasan menarik mengapa banyak wisatawan memilih musim tertentu untuk berwisata ke Korea. Apapun musimnya, selalu ada keunikan yang tak ada di Indonesia. Setiap musim, memberikan warna menarik bagi Korea Selatan.

Walaupun Korea Selatan adalah negara yang mayoritas penduduknya non-muslim. Tapi Pemerintahnya juga menyediakan tempat atau kompleks untuk kaum muslim. Salah satunya adalah Mesjid Seoul atau Seoul Central Mosque yang terletak di kawasan Itaewon. Di sekitar Mesjid, juga terdapat kaum muslim yang membuka restoran dengan label halal (tidak resmi tapi tertulis atau bergambar mesjid atau bertulis kata halal. Arab) sehingga kita tak perlu kuatir melanggar aturan penting sebagai seorang muslim. Ada juga di beberapa daerah di Korea Selatan seperti di Nami Island dan di daerah Gangnam. Hanya saja saya lupa alamat lengkapnya.

Tapi tentu saja tidak mudah melakukan perjalanan ke sembarang negara. Pasti ada rasa kuatir terhadap makanan atau minuman yang disajikan. Ini belum termasuk dengan berbagai jamu-jamuan yang juga sangat terkenal di negara ini. Mau tak mau tugas seorang pemandu wisata bukan sekedar menjadi penunjuk atau pengarah perjalanan. Pemandu wisata tak hanya harus pandai dalam menjembatani perbedaan budaya dan bahasa, namun harus memahami kebutuhan seorang muslim.

Agar perjalanan kita nyaman, dan tidak bertentangan dengan aqidah akhlak seorang muslim, ada baiknya memilih tour travel yang berkonsep wisata halal, jadi meskipun berada di negara seperti Korea Selatan, hal-hal yang bertentangan itu akan bisa dihindari tanpa harus menghilangkan kenyamanan perjalanan.

Cheria Wisata Tour Travel adalah penyedia jasa pelayanan travel yang menawarkan konsep wisata halal ini. Tentu akan semakin mempermudah bagi kaum muslim melakukan perjalanan dan menjelajahi tempat-tempat menarik di Korea Selatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Paket Tour Wisata Halal Korea, bisa langsung klik link Paket Tour Wisata Halal Korea . Masih banyak destinasi wisata halal lainnya yang juga disediakan oleh “Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia untuk mereka yang berminat melakukan perjalanan dengan nyaman sebagai muslim.

 


TAGS   Cheria Halal Wisata / Lomba Menulis Artikel Kreatif / Review / Pariwisata / Korea Selatan / Wisata Halal / Muslim / travel / Tour Travel / Cheria Travel / Liburan /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia