Catatan Bunda Iin

Oh My Venus: Si Cinderella Modern, Cinderella tak Langsing

25 Dec 2015 - 09:43 WIB

Biasanya setiap kali membahas drama Korea terbaru saya selalu menunggu sampai serialnya selesai tayang. Jadi sinopsisnya bisa lengkap. Tapi kali ini berbeda. Drama pilihan saya kali ini masih baru, fresh from the oven, baru sampai episode ke-6 12 dari 16 episode dan aktor serta aktris utamanya adalah… (je je je jeng!) So Ji Sub dan Shin Min-Ah.

Drama pilihan bulan Desember adalah Oh My Venus.

Cerita dimulai dengan flashback si aktris utama, Kang Joo-Eun, saat ia masih duduk di bangku SMU. Ia dikenal sebagai gadis tercantik di sekolahnya, bahkan di seluruh Daegu. Saking cantiknya, setiap kali Kang Joo-Eun naik bis, seluruh anak laki-laki hanya memandang dirinya. Julukannya adalah Si Venus dari Daegu.

Walaupun cantik jelita, Kang Joo-Eun cukup tegas saat berurusan dengan ketertiban. Ia tak segan menegur anak muda dari SMU lain, memarahi cowok-cowok penggemarnya yang mengecat pagar sekolah dengan namanya bahkan membela teman perempuannya yang gemuk, Oh Soo-Jin. Kang Joo-Eun bercita-cita menjadi seorang pengacara. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, ia yakin mampu melakukan apapun selama ia menginginkannya dengan sungguh-sungguh.

Hidup Kang Joo-Eun, gadis penggemar es krim ini, semakin sempurna ketika ia resmi menjadi kekasih Im Woo-Shik, seorang atlet dari tim renang nasional Korea. Bersama dengan Im Woo-Shik, Kang Joo-Eun menjalani hubungan percintaan selama lima belas tahun.

Namun, lima belas tahun  kemudian. Di tahun 2014, Kang Joo-Eun yang berhasil menjadi seorang pengacara mulai mengalami perubahan fisik. Berat badannya bertambah dengan cepat. Tekanan pekerjaan membuatnya selalu stress sehingga nafsu makannya tak terkendali. Sementara untuk membuka kantor pengacara sendiri Kang Joo-Eun belum mampu karena tumpukan utang kuliahnya yang belum lunas setelah ia menjadi tulang punggung keluarga. Berbeda dengan kekasihnya yang justru menjadi seorang ekskutif yang berhasil, dengan berat tubuh stabil dan gaya hidup lelaki impian. Tak heran, hubungan mereka pun menjadi semakin renggang.

Tepat saat itulah, muncul Oh Soo-Jin, sahabat lama Kang Joo-Eun, sebagai atasan barunya di kantor. Berbanding terbalik dengan Kang Joo-Eun, Oh Soo-Jin muncul sebagai seorang gadis cantik, sintal dan ramping. Hanya saja, hubungan persahabatan masa lalu di antara mereka berdua ternyata menimbulkan dendam di hati Oh  Soo-Jin yang menjadi motivasi terbesarnya kembali ke dalam kehidupan Kang Joo-Eun.

Berkat kelihaian Oh Soo-Jin memikat Im Woo-Shik, akhirnya Kang Joo-Eun dan Im Woo-Shik pun putus hubungan. Kang Joo-Eun pun mengalami perubahan emosi yang cukup drastis.

Sementara di Amerika, Kim Young-Ho atau John Kim, seorang personal trainer untuk bintang-bintang Hollywood mengalami sebuah peristiwa yang cukup menghebohkan dengan seorang artis bernama Anna Sue. John Kim memiliki dua sahabat lain yang bernama Jang Joon-Sung, seorang boxer profesional dan Kim Ji-Woong, manajer dari Joon-Sung dan John Kim. Ketiganya benar-benar memiliki personality yang sangat berbeda namun sangat cocok satu sama lain.

Karena skandalnya, John Kim atau Young-Ho terpaksa pulang ke Korea. Di atas pesawat menuju Seoul ia bertemu dengan Kang Joo-Eun, yang duduk di sebelah Ji-Woong, saat gadis itu mengalami keadaan darurat. Karena Young-Ho memiliki sertifikasi kedokteran, ia pun menyelamatkan Kang Joo-Eun.

Young-Ho sebenarnya terlahir dari keluarga yang kaya raya, pewaris sebuah grup perusahaan yang sangat ingin diberikan oleh neneknya. Namun, ia mengalami sebuah luka serius akibat tumor tulang yang dideritanya sejak kecil. Belum diketahui mengapa ia mengalami luka yang kemudian membuatnya terpaksa menjalani diet ketat dan menggunakan berbagai peralatan canggih termasuk peralatan olahraga untuk melatih kakinya. Luka tersebut belum seberapa dibandingkan sakit hati yang dialami Young-Ho karena perlakuan ayahnya. Bagian ini juga belum diketahui karena masih samar-samar saja saat Young-Ho mengenang masa kecilnya. Ketika itu ia tanpa sengaja mendengar ayahnya berbicara dengan seseorang tentang ibunya dan dirinya. Hubungan Young-Ho dan Ayahnya memburuk sejak saat itu.

Sejak awal bertemu Young-Ho, Kang Joo-Eun mengalami banyak peristiwa mulai dari menyakitkan, memalukan bahkan berbahaya. Saat ia jatuh sakit, ada Young-Ho yang mengobatinya. Saat ia berada dalam keadaan berbahaya karena ada penguntit, ada Young-Ho yang membantunya. Saat ia merasa malu karena menabrak dinding kaca di depan Im Woo-Shik dan kekasih barunya, Oh Soo-Jin, ada Young-Ho yang memapahnya. Setiap saat itu pula, Kang Joo-Eun selalu berkata, “Please save me, someone… please save me!”

Tanpa sengaja Kang Joo-Eun menemukan tanda pengenal milik John Kim di jaket yang diberikan Ji-Woong padanya saat sakit di pesawat. Joo-Eun mengira John Kim adalah Ji-Woong dan Young-Ho meminta Ji-Woong mengiyakannya agar identitasnya terlindungi. Dengan syarat menyembunyikan identitas John Kim, Joo-Eun berhasil memaksa ‘John Kim’ Ji-Woong untuk membantunya menurunkan berat badan. Latihan ala petinju boxer pun dimulai untuk mempercepat proses penurunan berat badan Joo-Eun. Anehnya, sebanyak apapun latihan, berat badan Joo-Eun tidak mengalami perubahan apapun.

Konflik dimulai ketika Oh Soo-Jin mulai menampakkan sifat aslinya di balik kata-kata lembut dan wajah cantiknya pada Kang Joo-Eun. Ia mulai menyerang Kang Joo-Eun dengan berbagai cara, sehingga semakin membuat Kang Joo-Eun yang juga kelelahan berolahraga, tertekan lahir dan batin. Tekanan demi tekanan yang dialami Kang Joo-Eun mengalami klimaks saat ia jatuh pingsan di acara live televisi, yang ditonton oleh banyak orang termasuk Young-Ho dan Woo-Shik.

Saat itulah Joo-Eun dan Young-Ho baru mengetahui kalau gadis itu mengalami kelainan hormonal yang disebut Hypotyroidsm (kekurangan hormon, banyak dialami wanita. Biasanya ditandai dengan berat badan bertambah drastis, cepat lelah, gampang pingsan saat stress, tubuh gemuk namun bersuhu rendah, dan… susah punya anak)

Young-Ho merasa bersalah dan akhirnya mengaku. Bersama kedua temannya, ia mengakui kalau dialah John Kim yang sebenarnya. Kali ini, ia berjanji untuk membantu Joo-Eun dengan cara yang benar. Saat yang bersamaan, Young-Ho berusaha keras menenangkan keluarganya dengan menerima semua acara kencan buta yang diminta neneknya dan bernegosiasi dengan ayahnya kalau ia tak tertarik dengan bisnis perusahaan di Korea. Ia hanya meminta waktu sebentar sampai skandalnya dengan Anna Sue mereda sebelum ia kembali ke Amerika.

Diet dan olahraga ala John Kim yang asli pun dimulai. Saat berolahraga inilah, hubungan antara John Kim dan Joo-Eun semakin dekat. Latihan fisik membuat mereka sering bersentuhan dan Joo-Eun yang walaupun selama 15 tahun pacaran dengan Woo-Shik ternyata tidak terbiasa dengan sentuhan pria ini, selalu terkejut dan jantungnya berdegup kencang. Apalagi saat olahraga jujitsu, mereka saling tumpang tindih hingga tak sengaja berciuman. Young-Ho atau John Kim tampak biasa-biasa saja padahal ia pun juga mengalami hal yang sama.

Sementara Woo-Shik, mantan kekasih Joo-Eun, ternyata belum sepenuhnya mampu melupakan gadis itu. Ia juga sangat panik menyusul ke rumah sakit saat tahu Joo-Eun jatuh pingsan dan ia juga yang mencari tahu siapa penguntit Joo-Eun. Ia bahkan melihat dari kejauhan saat Joo-Eun dan Young-Ho bersama. Hal ini semakin membuat Oh Soo-Jin bertambah marah pada Joo-Eun.

Perlahan-lahan pula Young-Ho mengenal kepribadian Joo-Eun. Ia melihat bagaimana Joo-Eun menghadapi ibunya yang memandang rendah putrinya sendiri di hadapan Woo-Shik, mengetahui kalau Joo-Eun juga tulang punggung keluarga dan Joo-Eun yang selalu berusaha tampak kuat walaupun mengalami peristiwa yang menakutkan. Tanpa ia sadari kehadiran Joo-Eun semakin lama menjadi semakin kuat di dalam hatinya.

Young-Ho mulai memahami arti Joo-Eun ketika ia terpaksa meninggalkan gadis itu untuk berobat di Daegu, kampung halaman Joo-Eun. Ia merahasiakan kepergiannya dan mengatakan kalau ia sedang ingin menghabiskan waktu bersama Anna Sue di Amerika. Joo-Eun percaya namun mengomel tidak karuan dan sibuk mencari berita tentang John Kim selama ia di Amerika. Apalagi ternyata mantan suami sahabat baiknya, Choi Hye-Ran, sedang berburu informasi tentang John Kim hingga ke Amerika.

Saat kembali inilah, Young-Ho menyadari kalau ia menyukai Joo-Eun. Ia mulai bersikap berbeda. Bahkan demi memenuhi janji karena Joo-Eun berhasil menurunkan berat badan sampai 15 kg, Young-Ho bersedia tidur siang, malas-malasan bahkan makan makanan ‘sampah’ ala Joo-Eun untuk satu hari. Ia bahkan membagi senyumnya (yang membuat para penonton langsung kelepak-kelepek!!) saat Joo-Eun mengambil foto mereka hari itu.

Selanjutnya, Young-Ho harus mulai menjadi sang ‘penerus’ untuk kerajaan bisnis yang diwariskan almarhum ibunya sambil mengobati penyakit ‘psikologis’nya, sedangkan Joo-Eun berjuang untuk kembali langsing dan mulai mengembalikan kepercayaan dirinya di antara kesirikan sahabatnya sendiri serta membantu kekasihnya.

Intinya, ini adalah kisah Cinderella modern. Bukan Cinderella tinggi dan langsing, tapi Cinderella gemuk dan berisi. Misinya mengajari kita betapa pentingnya menjadi sehat dibandingkan berupaya untuk langsing, dan kadang-kadang rasa sakit itu datangnya dari pikiran. Bagusnya nonton drama ini jadi bikin kita yang ‘berisi’ ini termotivasi jadi pengen diet dan berolahraga karenanya. Duh, siapa yang takkan berusaha ya kalau tiga trainernya adalah cowok-cowok keren ganteng?  

Oh ya… sebaiknya drama ini disaksikan oleh remaja 15 tahun ke-atas ya, karena kontennya juga sedikit dewasa. Jangan lupa untuk tetap mendampingi putra-putri saat mereka menonton.


TAGS   Oh My Venus / Drama / Korea / Televisi / So Ji Sub /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia