Catatan Bunda Iin

9. Manajemen Rumah Tangga

22 Dec 2014 - 09:00 WIB

Ketika berinteraksi dengan teman-teman saya yang berasal dari luar negeri, saya menemukan banyak hal menarik. Tak seperti informasi yang diberikan media selama ini, kalau orang bule itu terbiasa hidup bebas, tidak teratur dan memiliki prinsip mengenai rumah tangga yang berlawanan dengan budaya ketimuran, mereka justru berlaku sebaliknya.

Di Amerika sendiri, masih banyak pasangan yang sangat menghargai peran Ibu dan rumah tangga yang dinaungi oleh pernikahan resmi. Saking menghargainya, mereka bahkan memperlakukan rumah tangga selayaknya sebuah usaha yang dijalankan bersama, dengan tanggung jawab tinggi dan manajemen yang terencana baik.

Berbeda dengan budaya rumah tangga di Indonesia yang kebanyakan memilih go with the flow, mereka malah mengatur berbagai macam hal dalam rumah tangga seperti memanajemen perusahaan. Saya sering sekali membaca cara mereka mengatur jadwal anak-anak, mengatur ruangan di rumah hingga mengatur makanan yang disediakan untuk keluarga. Pola inilah yang kemudian saya pikir baik untuk diadopsi dalam rumah tangga.

Tak langsung semuanya, ada beberapa hal yang bisa kita pilih tergantung kebutuhan. Misalkan manajemen waktu, yang sudah saya bahas sebelumnya dalam tips Rencana dan Disiplin. Lalu manajemen ruangan, yang banyak diperlukan karena rata-rata rumah di Indonesia berukuran minimalis. Manajemen penyimpanan seperti memaksimalkan lemari dapur, lemari pakaian atau bahkan laci-laci nakas dan meja tamu. Selain itu, tak ada salahnya kita juga mempelajari cara-cara memaksimalkan penggunaan barang-barang bekas pakai yang masih bisa digunakan. Go Green itu baik untuk kehidupan di masa mendatang, kehidupan yang kita janjikan buat anak cucu kita.

Rumah yang teratur, nyaman dan bersih adalah keinginan bagi setiap keluarga untuk hidup dengan gembira di dalamnya. Pengaturan ruangan hingga penyimpanan yang baik akan memaksimalkan ruang gerak bagi setiap anggota keluarga. Namun, jangan lupa untuk membiasakan setiap anggota keluarga untuk menjaga keteraturan itu dengan ikut menjaga tata letak setiap barang.

Jangan lupa bahwa setiap ibu memerlukan informasi yang selalu update untuk membangun manajemen rumah tangganya terutama cara penghematan berbagai keperluan dalam rumah tangga. Finansial rumah tangga yang baik akan membantu ibu keluar dari stress akibat kebingungan soal dana sehingga bisa lebih menikmati perannya menjadi ibu. Beberapa tips berhemat terdapat dalam berbagai artikel di sosial media, majalah bahkan televisi. Tak ada salahnya mengambil beberapa tips hemat itu untuk dipraktekkan di rumah sendiri.

Sebelumnya Selanjutnya


TAGS   Rencana / Manajemen /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia