Catatan Bunda Iin

7. Rencana & Disiplin

22 Dec 2014 - 09:00 WIB

Memiliki anak lebih dari satu, biasanya para Ibu kesulitan membagi waktu atau memikirkan rencana. Hal ini yang membuat rutinitas harian menjadi membosankan dan perkembangan anak-anak justru kurang maksimal setelah mereka mulai bisa memasuki usia sekolah.

Sebagai Ibu, saya menyarankan agar setiap Ibu memperkenalkan segala hal sebanyak mungkin pada anak melalui dirinya. Terutama soal keselamatan dan kemampuan permanen tertentu. Ada beberapa hal yang wajib diperkenalkan dan dikuasai anak-anak, seperti sholat lima waktu, sholat Jumat untuk anak laki-laki, membaca Al Quran, memahami aturan-aturan fiqih Islam, teknik-teknik perlindungan dan keselamatan seperti berenang atau bela diri. Kita juga wajib mengajari mereka tentang menabung, memaksimalkan penggunaan benda-benda di sekeliling, mengatur waktu, menjahit, ataupun membersihkan rumah dan lain-lain.

Nah rencana di sini penting untuk bisa memasukkan semua pelajaran kehidupan itu dalam diri anak karena pelajaran-pelajaran itu tidak didapat dalam pendidikan formal. Karena itu, mulailah menetapkan rencana tahunan atau bahkan harian bagi anak. Seperti mengajarinya berenang di usia lima tahun atau tujuh tahun, mengaji diperkenalkan sedini mungkin antara usia 2-3 tahun atau memasukkan dalam kursus bela diri di usia sembilan tahun. Satu pelajaran kemandirian dijalani dalam satu tahun agar Ibu tak merasa berat, hingga si anak terbiasa dan menikmatinya sebagai rutinitas biasa.

Jika ada Ibu yang kelabakan karena sulit mengingatkan jadwal sekolah, kursus atau pelajaran yang harus diajarkan Ibu di rumah, tak ada salah menggunakan fitur agenda yang ada hampir di semua smartphone. Jangan kalah sama para wanita karier yang memenuhi agendanya dengan target pekerjaan yang harus diselesaikan. Sebagai Ibu juga kita wajib memiliki rencana waktu yang baik agar bisa mengendalikan situasi. Tanggung jawab sebagai Ibu sangat besar, dan tidak dinilai dengan gaji. Nilai keberhasilan kita baru terbayar setelah melewati begitu banyak waktu dan kerja keras.

Namun, rencana takkan berjalan jika tidak dijalankan dengan disiplin. Karena dengan kedisiplinan, maka semua pekerjaan akan terselesaikan dengan baik. Tujuannya agar bisa menjadi ibu yang tenang dan memiliki waktu untuk dirinya sendiri, maka menjaga agar setiap kegiatan berjalan lancar adalah sebuah keharusan.

Sebelumnya Selanjutnya


TAGS   Rencana / Disiplin / anak / kegiatan /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia