Catatan Bunda Iin

6. Kencan - Date With The Love Ones

22 Dec 2014 - 09:00 WIB

Banyak Ibu yang merasa anak pertamanya akan semakin sulit diatur ketika adiknya lahir. Ibu kewalahan menghadapi sikap Kakak yang kadangkala di luar kebiasaan. Mereka bukannya tak tahu kalau si Kakak merasakan kurangnya perhatian Ibu padanya. Tapi bagaimana mungkin melakukannya kalau si Adik juga tak bisa dilepaskan karena masih sangat tergantung pada Ibu?

Jawaban saya adalah kencan. Kencan bukan hanya untuk pacar atau kekasih. Tapi berkencan dengan anak-anak juga penting. Tidak perlu lama, tapi buatlah menjadi acara berkualitas.

Cara pengaturannya adalah memastikan kebutuhan si Adik terpenuhi semuanya. Kalau bisa ditinggal di rumah, maka tinggalkanlah si Adik bersama orang yang dipercaya di rumah, tepat saat si Adik biasanya tidur siang. Selanjutnya, pilih tempat-tempat yang sudah pasti disukai Kakak. Anak-anak di bawah lima tahun biasanya suka restoran dan setelah itu ke tempat permainan atau sebaliknya. Habiskan sekitar satu atau dua jam bersamanya. Tak perlu berkomunikasi panjang atau bertanya macam-macam soal Kakak, jelaskan saja betapa senangnya Ibu menghabiskan waktu bersamanya dan nikmati waktu anda bersamanya sebaik mungkin. Adik bayi biasanya tidur kurang lebih dua jam dan pulanglah sebelum waktu tidurnya berakhir.

Jika Adiknya tidak bisa ditinggal karena waktu tidurnya putus sambung alias tidak benar-benar lelap. Maka aturlah sebaik mungkin rencana agar Ayah mau ikut membantu Ibu mencuri waktu kencan untuk Kakak. Misalkan Adik tertidur di kereta bayi, mintalah Ayah menemaninya sebentar sementara Ibu menemani Kakak bermain sebentar. Saat Adik bangun, Ayah bisa menggantikan Ibu menemani Kakak.

Kencan juga baik dijadikan semacam reward untuk anak kalau ia bersikap baik di rumah. Bahkan kencan sangat efektif dijadikan reward untuk anak perempuan usia remaja. Memelihara hubungan dengan remaja perempuan itu penting, mengingat Ibu harus mulai menyiapkan ia menjadi calon ibu dan istri di masa mendatang. Hubungan yang baik pula akan membantu Ibu memberikan nasihat-nasihat terselubung mengenai pentingnya pengetahuan memilih teman dan atau suami nantinya. Saya selalu menyebut nasihat terselubung karena tak ada remaja yang suka dinasehati terang-terangan.

Jangan lupakan juga peran Ayah. Jika ingin mudah membujuknya untuk ikut membantu di rumah, maka sesekali habiskanlah waktu berkencan bersamanya. Tak perlu harus keluar rumah. Di malam hari, saat anak-anak sudah tidur, ajaklah suami berkomunikasi tentang kegiatan dan tingkah anak-anak seharian. Kalaupun ada yang dikeluhkan, sampaikanlah dengan pelan-pelan. Kencan adalah cara mendekatkan diri yang paling tepat untuk orang-orang tercinta, maka jalanilah sesering mungkin.

Sebelumnya Selanjutnya


TAGS   Kencan / anak / orangtua / cinta /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia