Catatan Bunda Iin

Bermain Asyik di Bebestar Mall Performance 2013

7 Dec 2013 - 17:33 WIB

Pada hari minggu kuturut Ayah ke kota

Naik delman istimewa kududuk di muka…

Aaah, yah… sepenggal lagu itu begitu sering dinyanyikan Ade beberapa hari terakhir ini. Mungkin ini gambaran karena beberapa hari terakhir Ade selalu meminta untuk diajak main. Entah ke mal, entah ke kolam renang atau tempat wisata. Sayangnya, ketika saya bisa maka Ayahnya yang sedang sibuk. Dan begitu pula sebaliknya.

Namun bulan ini liburan kuliah saya sudah dimulai, Ayah juga sudah menyelesaikan semua utang kerjaannya, dan Abang baru selesai ulangan umum. Kami mulai merencanakan sejak awal bulan sebelum saya sakit. Tapi karena musim penghujan, agak repot juga memilih tempat untuk bermain bersama anak. Beberapa tempat wisata telah kami kunjungi sehingga anak-anak mulai bosan.

Tidak mudah merencanakan sesuatu yang baru buat anak-anak yang kritis seperti Abang dan Ade. Sedikit saja membosankan bagi mereka, mereka akan langsung menunjukkan tanda-tanda rewel sehingga saya tidak berani sembarangan memilih tempat.

Kebetulan saya mendapat informasi mengenai #Bebestar2013 Mall Performance akan diadakan di Cilandak Town Square, tak jauh dari rumah adik ipar yang sudah lama ingin kami kunjungi. Rencananya kami akan ke sana selama beberapa jam sebelum ke tempat adik ipar saya.

Sampai di sana, warna orange yang catchy langsung menyergap mata anak-anak. Mereka sudah tak sabar untuk masuk dan bergabung dalam keramaian pesta #Bebestar2013 Mall Performance yang seru. Walaupun diadakan di Mall, #Bebestar2013 Mall Performance berada di areal terbuka yang langsung menuju pintu keluar. Arenanya cukup luas meskipun dihadiri oleh banyak orang sekaligus. Setiap anak yang masuk, setelah mendaftar akan memperoleh kartu dan kaus berwarna orange. Kartu yang dibagikan adalah tiket sekaligus digunakan untuk memperoleh cap bintang pada saat melakukan permainan. Bintang yang dikumpulkan bisa ditukar dengan berbagai hadiah hiburan yang menarik.

 

Saking tak sabarnya, Ade sampai menyeret-nyeret saya agar cepat-cepat tiba. Tapi seperti biasa…. gaya dulu dong Nak!! Mumpung masih bisa tersenyum manis, maka kami sekeluargapun bergaya sejenak.

 

Saat masuk, kami disambut cahaya blitz di dekat stand photo booth. Wuaaah, antriannya sudah lumayan panjang! Keramaian Bebestar sudah saya rasakan sejak masuk. Banyak pasangan membawa anak-anak mereka untuk bermain dan menikmati berbagai promo yang diadakan #Bebestar2013 Mall Performance. Acara dimulai dengan sambutan meriah Kakak-kakak yang mengajak anak-anak menari bersama mengikuti irama musik. Saking ramainya, saya jadi tersingkir ke pinggir saat ingin mengambil gambar kemeriahan itu.

 

 

Karena anak-anak sudah sangat tidak sabar, saya memilih untuk mencari stand permainan dulu. Namun, beberapa orang telah lebih dulu mengantri bersama putra-putrinya di beberapa stand tersebut. Belum apa-apa, Ade sudah lompat-lompat ingin mencoba permainan bola di Star Pool. Untung di situ tidak terlalu ramai, maka kami memulai petualangan hari minggu di permainan penuh dengan bola warna-warni itu.

Permainan ini langsung mengembalikan semangat Ade yang sempat kesal karena tidak jadi ikut senam ramai-ramai tadi. Lihat saja tawa lepasnya! Mungkin ini yang disebut dengan bahagia anak itu adalah bahagianya orangtua. Saya jadi ikut senang melihat tawanya itu loh…

Sayang itu tidak lama, matanya sudah melihat ke arah aneka permainan lain di belakang stand mandi bola Star Pool seperti Star Puzzle, Star Drum, dan Star Color. Hanya sebentar berenang di Star Pool, Ade langsung minta diajak ke arah stand-stand lainnya.

Oh ya, saat kami singgah di stand mewarnai Star Puppet, Ade sampai minta dipotret dengan gambar yang ia warnai dan stik yang ia tempel sendiri. Di sini Ade dapat 2 bintang untuk permainan yang ia sukai itu. Ia bangga sekali bisa melakukan semuanya sendiri bahkan sempat marah ketika saya mencoba membuka lem di stiknya. Hihihi… Emaknya sudah tak sabaran ya, De.

Setelah mewarnai, kami sempat mengantri di Shooting Star untuk membuat video Ade yang sedang bernyanyi dan menari. Tapi karena antriannya cukup panjang, Ade meminta saya untuk ke stand lain dulu. Namun, makin sore justru antrian makin panjang sehingga Ade tak sempat membuat video itu. Padahal, video tersebut bagus untuk merekam bakat Ade yang sering berjoget-joget dan menyanyi di rumah.

 

Saat kami berkeliling, Ade dan Abang masih sempat bermain di beberapa stand seperti Star Melody, permainan dengan menginjak tuts-tuts piano sesuai keinginannya. Bersama Abangnya, dibantu anak-anak lain, terdengarlah suara nada-nada lagu berjudul Tidak Karuan. Hehehe… Para orangtua hanya saling menatap dengan senyum. Biarlah, anak-anak kan begitu ya… hanya dengan menyatukan kesenangan, mereka bisa begitu mudah berinteraksi meski baru pertama kali bertemu.

Abang dan Ade juga mencoba permainan di Star Steps, permainan seperti dance tap ini mengikuti irama musik dan tanda panah di layar monitor. Ade tak mau melepaskan pegangannya, mungkin karena terlalu asyik, hingga ia lupa.

Ada juga permainan Star Sound, permainan yang mengajak anak membedakan suara-suara seperti suara gitar, suara gendang atau suara terompet dengan memasukkan gelang sesuai suara yang ia dengar. Ada juga Star Match yaitu permainan untuk mencocokkan gambar dengan magnet sampai ketika semua gambar telah ditempel maka akan terdengar suara.

Nah kalau di stand Star Beats atau permainan drum mini, anak-anak langsung berebut mengambil stik. Di sini Ade dengan cepat bisa mengikuti instruksi. Abangnya pun ikut mencoba setelah merasa penasaran melihat Ade yang diam-diam ternyata lebih menguasai permainan.

Saat hampir makan siang, saya mengajak keluarga beristirahat dulu di restoran sekitar acara #Bebestar2013 Mall Performance. Entah sudah berapa banyak keringat bercucuran mengikuti anak-anak. Mereka sungguh tidak terlihat gerah atau kelelahan sama sekali. Justru Abang masih ingin menarik saya ke salah satu stand lain. Namun, saya dan Ayahnya sudah benar-benar lelah dan secangkir kopi bisa ikut melegakan tenggorokan yang kering.

 

Toh ternyata kita masih boleh masuk lagi asalkan masih memegang kartu bintang. Namun setelah makan siang, ketika saya singgah ke stand Photo Booth ternyata mas-masnya sedang rehat. Agar Ade lebih cantik saat difoto nanti, saya mengajaknya ke Star Style. Sayangnya Ade menolak karena dia tak suka dihiasi. Ya sutralah…. mumpung tempatnya tidak sedang digunakan, saya pun meminta Ade bergaya dengan gayanya sendiri.

Ternyata setelah makan siang, anak-anak justru makin semangat. Mereka pun mulai bergerilya mencari permainan lain dan Star Pro pun menjadi pilihan mereka. Star Pro yaitu permainan untuk memberi pakaian dan aksesoris pada papan gambar anak.

Tak lama setelah kami selesai berfoto di stand Photo Booth, acara Bebestar pun dimulai. Ada drumband sekolah yang ikut meramaikan suasana, sebelum dimulai dengan sesi penjurian calon Bebestar 2013. Acaranya sangat seru, menampilkan wajah-wajah mungil manis dan bertalenta.

Suasana justru makin ramai dan kelucuan para finalis Bebestar sungguh menggemaskan. Jawaban-jawaban lucu dan spontan pun mengundang gelak tawa para penonton ketika berinteraksi dengan pembawa acara. Orangtua mereka pasti bangga melihat keberanian putri-putri mereka itu. Interaksi mereka yang berani dan begitu mandiri dalam menampilkan bakat mereka di panggung sungguh patut diacungi jempol. Two thumbs deh buat Emak-Emak hebat di balik anak-anak hebat itu!

Kemudian saat anak-anak sedang menonton para finalis Bebestar bersama Ayahnya, saya menyempatkan diri mengambil foto keluarga yang telah selesai dicetak. Hasilnya bagus sekali. Saya sampai pangling lihat foto diri sendiri. Ah tidak menyesal mengantri untuk berfoto tadi.

Setelah puas berkeliling mencoba seluruh permainan, meski tidak semuanya karena acaranya sangat ramai. Kami memutuskan untuk pulang, dengan terlebih dahulu menukarkan bintang-bintang yang diperoleh anak-anak selama bermain tadi. Stiker dan sebuah pensil pun didapatkan oleh Abang dan Ade.

#Bebestar2013 Mall Performance ini telah diselenggarakan di beberapa mal di Indonesia antara lain Royal Plaza, Trans Studio Mall, Solo Square, Palembang Square, Gandaria City, Ahmad Yani Mega Mall, Plaza Medan Fair, Mall Panakkukang dan Cilandak Town Square adalah mall terakhir dalam rangkaian performance tersebut.

Melihat antusiasme anak-anak menikmati setiap permainan di #Bebestar2013 Mall Performance, saya jadi senang sekali. Kegiatan seperti ini memang bagus sekali untuk menyalurkan tenaga mereka yang berlebihan. Selain itu, melihat teman-teman seusia mereka yang berprestasi pun bisa menjadi sebuah contoh yang baik sekaligus untuk memancing keberanian anak-anak mengekspresikan diri sendiri. Saya juga jadi belajar beberapa permainan yang mungkin nanti bisa saya tiru di rumah, karena beberapa ide permainan tersebut bisa dilakukan secara sederhana meski tak terlalu mirip.

Sungguh pengalaman yang menyenangkan! Ada yang punya pengalaman mengasyikkan juga di acara #Bebestar2013 Mall Performance?


TAGS   #Bebestar2013 / Mall Performance / Games / Anak-anak /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia