Catatan Bunda Iin

Tips Kunjungan Pekan Raya Jakarta 2012

1 Jul 2012 - 08:37 WIB

Jakarta Berulang Tahun ke 485, dan biasanya belum lengkap tanpa berkunjung ke Pekan Raya Jakarta.

Untuk berkunjung ke Pekan Raya Jakarta, berikut beberapa tips yang bisa saya berikan untuk calon pengunjung :

Jika menggunakan kendaraan baik mobil atau motor

Pada akhir pekan biasanya jumlah pengunjung jauh lebih banyak, terutama pada hari sabtu dan minggu. Kalau ingin mendapatkan parkir yang aman dan nyaman, juga dekat dengan arena pekan raya datanglah agak siang atau saat PRJ baru dibuka. Menjelang malam terutama pada akhir pekan, parkir mobil lebih sulit karena seluruh tempat parkir biasanya sudah penuh dan bisa sampai ke sepanjang jalan eks bandara yang artinya kita harus rela berjalan kaki cukup jauh.

Persiapan sebelum masuk

Seluruh pengunjung wajib membayar tiket masuk, sebesar Rp. 20.000/orang di hari senin-jumat, Rp. 25.000/orang di akhir pekan. Anak-anak yang sudah mencapai tinggi ‘tempat masuk’ saat kita memasukkan kartu harus membayar tiket yang sama.

Sebaiknya sebelum masuk, anda bisa meminta peta lokasi seluruh arena pekan raya pada petugas untuk menentukan tujuan. Tentukan tempat-tempat yang akan didatangi terlebih dahulu karena arena pekan raya sangat luas dan tidak memungkinkan untuk dikunjungi semua. Pastikan pula ‘kekuatan’ memungkinkan untuk melakukan kunjungan karena ini sama saja seperti berolahraga, menggunakan kereta dorong untuk membawa anak-anak/bayi sangat disarankan dan juga tas ransel untuk membawa bekal makanan atau belanjaan nanti. Ada kereta Wara Wiri yang siap mengantarkan anda, hanya saja ini hanya berhenti di dua tempat yaitu di gedung utama arena pekan raya dan taman rekreasi,dengan membayar tiket seharga Rp. 3000/orang. Beli tiket sebelum kereta datang.

Siapkan pula kamera, dompet berisi uang kontan karena atm di dalam arena pekan raya biasanya penuh antrian serta memastikan berada di tempat yang lebih ‘aman’ karena rawan jatuh dan copet.

Selama berkunjung

Jika ingin mengambil gambar/foto yang bagus terdapat lokasi yang bagus tepatnya di kolam buatan di Family Recreation dengan suasana taman dan miniatur candi Borobudur. Taman ini berada di areal paling belakang dari arena pekan raya. Untuk mencapainya, bisa menggunakan kereta. Lakukan foto-foto di tempat tersebut karena arena pekan raya sendiri kurang begitu bisa dijadikan tempat berfoto kalau tak ingin mendapat gambar ‘kepala’ dan ‘badan’ orang, kecuali keadaan agak sepi dan tidak banyak pengunjung.

Selama di taman ini, ada banyak arena permainan anak-anak juga dewasa seperti twin tail, becak mini, hingga flying fox. Ada juga tempat makanan serta beberapa penjual kerak telor di sepanjang lorong. Kalau masih bisa memaklumi harga yang lebih mahal dari harga di luar arena pekan raya, maka silahkan mencicipi aneka makanan tersebut. Sebagai perbandingan kecil saja, satu botol minuman mineral naik hingga 100% dari harga normal.

Jika ingin sholat, tersedia Mushola kecil di tempat ini juga. Namun sebaiknya kalau sampai Magrib, siapkan diri sepuluh atau lima belas menit sebelum waktunya tiba kalau tidak mau mengantri karena tempatnya kecil sekali.Kalau merasa lelah, jangan memaksakan diri. Beristirahatlah di manapun bisa. Jangan malu duduk melantai karena di arena pekan raya itu wajar-wajar saja, asal tidak menghalangi jalan para pengunjung lain seperti di depan pintu masuk / keluar, di tengah-tengah lorong atau di depan toilet.Karena banyaknya pengunjung, biasanya antrian toilet pun sangat panjang. Kalau bisa sebelum masuk, pastikan sudah ke toilet atau kalaupun ingin ke toilet, lakukan sebelum benar-benar kebelet.BerbelanjaKalau berencana berbelanja, lebih baik mengecek dulu harga di ‘luar’ arena sebelumnya sebagai perbandingan. Memang benar ada harga-harga barang yang benar-benar diskon tapi ada juga harga-harga yang malah jauh lebih mahal. Harus pandai-pandai mengetahui harga dan di pekan raya jangan takut untuk menawar :)

Berbelanjalah di akhir kunjungan karena kalau sambil jalan-jalan pasti menambah beban. Atau bisa titipkan dulu pada pemilik stand, jangan lupa mengambil bukti pembayarannya. Ambil kembali semua belanjaan setelah akan pulang. Ini berlaku untuk barang-barang yang besar atau sulit dibawa.

Tiket masuk yang dipenuhi oleh iklan hadiah dan diskon itu kebanyakan hanya bersifat manipulatif, berhati-hatilah dan baca baik-baik keterangannya termasuk bagian-bagian yang tidak terlihat. Kita tetap harus mengeluarkan uang tunai. Kalau mendapat hadiah undian saat membeli makanan/minuman, jangan cepat senang karena kebanyakan hanya ‘tipuan/trik’ agar kita datang ke bagian lain.

Ini saya alami sendiri saat menukarkan hasil undian karena membeli dua paket minuman Nu (1 paket berisi 3 botol), saat saya datang ke sana hadiah yang didapatkan hanyalah kerak makanan sisa dan bakso yang sudah kadaluwarsa padahal tertulis ‘paket satay’. Saat saya komplin masalah ini, ternyata banyak pengunjung lain juga yang mengalami dan penyelenggara sama sekali tak merespon. Saya mengembalikan makanan itu ke kasir tanpa menyentuhnya sedikitpun. Karena tak ingin memperpanjang masalah, saya biarkan saja. Tapi kalau pihak penyelenggara mau komplin karena artikel ini, silakan karena saya memiliki bukti foto sendiri :). Ini sekedar pemberitahuan agar pengunjung lain tidak terkecoh dengan cara-cara ‘kotor’ bisnis.

Ketika pulang.Pastikan anda keluar di tempat yang tepat karena kalau salah jalan, kita masih harus berjalan kaki cukup jauh dan memutar.Demi kelancaran perjalanan umum, jangan membeli makanan saat sudah naik kendaraan agar tidak macet. Belilah oleh-oleh seperti kerak telor, arum manis dan atau mainan sebelum naik kendaraan kalau tidak mau diteriaki para pengatur lalu lintas dadakan atau diklakson mobil di belakang anda. Semua orang yang pulang dalam keadaan lelah dan pasti mudah naik darah.Ingat keselamatan tetap yang utama! Selamat berkunjung ke Pekan Raya Jakarta 2012.


TAGS   keluarga / liburan / Pekan Raya Jakarta / wisata /


Tulisan Terbaru

Komentar

Pustaka Bunda

ANGGOTA

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Blogger Reporter Indonesia